7.25.2012

PETIKAN DARI MANCASAN

 
Alat musik saat ini sangat bervariatif. Kita bebas memilih alat musik dengan berbagai cara memainkannya. Salah satunya gitar. Sebagai alat musik paling populer di dunia, gitar menjadi sarana mengapresiasikan segala bentuk luapan jiwa.





Pembuatan gitar layaknya sebuah ritual, harus dilakukan dengan khusyuk agar suara yang dihasilkan pun memuaskan. Mulai dari membuat pola, membuat badan gitar (body), memasang leher gitar (neck), serta melakukan finishing. Pembuatan gitar pula yang menjadikan Dk. Kembangan, Ds. Mancasan, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo ini terkenal. Bagaimana tidak, hampir semua warga kampung mempunyai home industry ini. Terlebih lagi, ikut andilnya mereka dalam dunia musik telah melahirkan jutaan karya seni.







For "String Magz" (Tugas Jurnalistik 4, Komunikasi UNS 2008)
Documentation by Rizki Budi Pratama (@rizkibudipra) dan De Baron Martha (@dbmartha)

4 komentar:

  1. aduh..jadi ngiler pingin ke sana......mau lihat & nyobain gitar-gitar akustik itu. Apa soundnya bagus ?

    BalasHapus
  2. numpang yaa mas..
    karna saya juga pengrajin gitar dari solo, kunjungin aja http://industrigitarsolo.blogspot.co.id/
    tanya aja, siapa tau saya bisa bantu
    atau hubungi Hp. 087736212870 BBm.5452cb5e
    thanks..

    BalasHapus
  3. numpang yaa mas..
    karna saya juga pengrajin gitar dari solo, kunjungin aja http://industrigitarsolo.blogspot.co.id/
    tanya aja, siapa tau saya bisa bantu
    atau hubungi Hp. 087736212870 BBm.5452cb5e
    thanks..

    BalasHapus
  4. sip gan saya jg orang kembangan salah satu pengrajin gitar legra perkasa

    BalasHapus