12.10.2012

ERA MIMPI (Dreamtime)



Orang asli Australia berbicara tentang Era Mimpi, yang dimulai sebelum alam semesta diciptakan, yang menjangkau jauh ke belakang, ke dalam kabut primordial keabadian. Mereka mempunyai mitologi yang kaya, yang dipenuhi dewa-dewi dan keberadaan supernatural lainnya, seperti Ular Pelangi, Manusia Bersinar, dan saudari-saudari Wagilag. Keberadaan ini berkelana menjelajahi alam yang belum diciptakan dan memberinya bentuk. Era Mimpi, bukan saja satu mitos ciptaan yang jauh, tetapi merupakan satu pola, satu perangkat hukum spiritual/moral bagi kehidupan itu sendiri.

Ada beberapa mimpi yang berbeda-beda di negeri itu, kadang-kadang terikat dengan sebongkah wadas, atau satu fitur alam, sementara yang lain terbentang bermil-mil panjangnya. Ada ritus dan upacara khusus untuk memelihara hubungan dengan Mimpi. Era Mimpi bukan satu ilusi dan sesuatu nonrealitas (“ia memang hanya sebuah mimpi”), tetapi realitas dibalik realitas material.

Dikutip dari salah satu insert di buku “Sejarah Ide-Ide”, terjemahan dari buku “History of Ideas” karya Kevin O’donnel (2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar